Minuman khas Amerika sudah banyak yang tersebar ke segala penjuru dunia, termasuk Indonesia. Namun ternyata masih banyak juga yang tidak menyadari asal minuman yang mereka nikmati.

Amerika Serikat sebagai negara maju sendiri bisa dikatakan berhasil menciptakan berbagai produk yang bisa dicintai oleh dunia. Seperti restoran fast food, makanan ringan, makanan instan, serta minuman yang sering kita lihat dan jumpai.

Minuman Khas Amerika

Untuk minuman, Amerika memiliki berbagai jenis mulai dari minuman bersoda, beralkohol, jus yang menyehatkan, hingga minuman berenergi. 

Kira-kira apa saja sih minuman khas Amerika yang ternyata sering kita lihat baik di film-film ataupun di supermarket terdekat?

  1. Orange Juice

Mungkin tidak banyak yang tahu jika orange juice atau jus jeruk adalah minuman khas Amerika. Kebiasaan meminum jus jeruk saat sarapan yang biasanya kita lihat di film-film ternyata merupakan hal yang nyata terjadi.

Kebiasaan meminum jus jeruk bagi warga Amerika sendiri sudah dimulai sejak tahun 1920 di Florida. Saat itu jeruk mulai tumbuh subur dan menghasilkan minuman musiman yang menyegarkan setiap tahunnya. Orange juice pun berhasil menjadi minuman favorit mereka hingga kini.

  1. Soda Berkarbonasi

Minuman soda berkarbonasi sudah umum dikonsumsi oleh penduduk Indonesia. Kamu mungkin salah satu penikmat minuman soda, kan?

Amerika mungkin bisa dikatakan sebagai produsen minuman bersoda pertama dan terbaik yang ada di dunia saat ini. Berbagai merk yang telah dikenal seperti Coca Cola, Fanta, Sprite, Pepsi, hingga Dr. Pepper juga sudah bisa kamu temukan di berbagai supermarket dan warung kelontong.

  1. Slushy

Minuman khas Amerika berikutnya adalah slushy. atau yang biasa dikenal dengan merk Slurpee.

Uniknya, minuman es dalam berbagai rasa ini ditemukan pada tahun 1950 dengan cara yang tidak disengaja. Yakni saat Omar Knedlik menciptakan mesin untuk membuat minuman beku. Sayangnya, mesinnya rusak dan minuman yang dijual akhirnya dimasukkan ke dalam freezer. Inilah yang membuat minuman tersebut tidak terlalu beku namun menjadi es lunak (slushy). 

Slushy pun akhirnya dicintai oleh penikmat minuman dingin hingga kini. Slushy biasanya memiliki rasa buah-buahan, susu, coklat, keju, ataupun bersoda. 

  1. Bourbon (American Whiskey)

Selanjutnya ada minuman beralkohol dengan jenis wiski, yakni bourbon. Sejauh ini Bourbon menjadi jenis wiski Amerika yang paling populer.

Diyakini wiski telah disuling di Amerika Serikat sejak abad ke-18. Di sisi lain, bourbon sangat erat kaitannya dengan penyulingan di wilayah Kentucky. Bourbon sendiri disuling dari 51% jagung, dan sisanya adalah jenis biji-bijian.

Yang membedakan bourbon dengan wiski lainnya adalah umur bourbon yang lebih muda dari wiski biasa, namun tidak berumur terlalu tua seperti scotch. Selain itu, bourbon juga harus diawetkan dalam tong yang terbuat dari kayu ek putih asal Amerika.

  1. Minuman Energi

Minuman khas Amerika terakhir adalah minuman energi yang biasanya diminum oleh para atlet. Berbagai merk minuman energi juga biasanya menghiasi papan sponsor di event olahraga.

Produk minuman energi seperti Red Bull dan Monster Energy yang merupakan berasal dari Amerika Serikat ini sudah malang melintang di berbagai event olahraga, sebut saja seperti Formula 1, Moto GP, dll. Produknya pun sering kita jumpai di supermarket di Indonesia, loh.

Nah, itu dia kelima minuman khas Amerika yang sering kita lihat. Di antara kelima minuman di atas, pasti kamu sudah pernah atau sering mengkonsumsinya, kan?

Categories: Kuliner

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.