Amerika Serikat merupakan salah satu negara dengan jumlah imigran yang cukup banyak datang dari berbagai penjuru dunia. Negara Paman Sam juga menjadi negara yang cukup berpengaruh bagi seluruh belahan dunia lainnya, mulai dari lika – liku politik hingga kebudayaan. Hal tersebut juga membuat sisi kulinernya sangat berwarna. Lalu apa saja sih makanan khas Amerika Serikat yang menarik dan penuh cita rasa?

Makanan Khas Amerika Serikat

Amerika Serikat mungkin terkenal dengan makanannya yang diolah secara instan seperti ayam goreng, hot dog, hingga hamburger. Meski begitu tidak semua makanan mereka dibuat dengan instan. Contohnya, apple pie, key lime pie, biscuits ‘n’ gravy, hingga pizza khas Chicago yakni deep dish pizza.

Selain makanan di atas, Amerika Serikat juga memiliki makanan yang penuh cita rasa khas yang pastinya menggugah selera. Dengan percampuran budaya yang sangat banyak, berbagai makanan diadaptasi bahkan terlahir sebagai makanan baru dan membuat Amerika Serikat kaya akan khazanah kuliner. 

Dari puluhan makanan khas Amerika Serikat, berikut kelima di antaranya yang bisa kamu cicipi atau kamu recook di rumah!

  1. Meatloaf

Meatloaf bisa dikatakan sebagai comfort food paling sederhana bagi para warga Amerika Serikat. Meatloaf adalah makanan yang terbuat dari daging giling yang dicampur dengan bahan lainnya dan dibentuk menyerupai roti yang kemudian dipanggang atau diasap.

Daging yang digunakan untuk membuat meatloaf biasanya adalah daging domba, daging sapi muda, daging rusa, daging unggas, seafood, ataupun kombinasi dari beberapa daging. Meski terbuat dari daging, banyak juga para vegetarian yang menggunakan daging imitasi ataupun kacang-kacangan.

Untuk penyajiannya, meatloaf biasanya dipotong seperti sepotong roti. Setelah itu meatloaf bisa digoreng dengan tepung roti dan dikombinasikan dengan saus, kacang polong, mashed potato dan saus.

  1. Mac & Cheese

Olahan pasta tidak selamanya menjadi milik penduduk Italia. Hal ini bisa dilihat pada olahan macaroni & cheese yang berhasil menjadi comfort food yang paling dicintai oleh berbagai kalangan di Amerika Serikat. 

Mac & cheese sendiri awalnya ditemukan oleh Thomas Jefferson saat dirinya berkunjung ke Eropa. Thomas pun mencatatnya dan menyebutnya sebagai ‘macaroni pie‘. Setibanya di Amerika, sepupu Thomas, Mary Randolph membuat kembali masakan itu dan menulisnya pada buku resep tulisannya di tahun 1824 yang berjudul “The Virginia Housewife”.

Hingga kini, mac & cheese telah dicintai oleh seluruh warga Amerika Serikat dan dunia. Bahkan kini mac & cheese sudah tersedia dalam kemasan instan di supermarket, lho!

  1. Scrapple

Scrapple adalah hidangan yang dibuat dengan menggunakan potongan daging babi, umumnya dicampur dengan tepung jagung, tepung soba dan rempah-rempah (seperti daun salam, merica, thyme, sage, bawang putih, dan garam). Kemudian dibentuk menjadi roti semi-padat, beku, diiris dan digoreng sebelum disajikan.

Sering dimakan saat sarapan, scrapple biasanya disajikan dengan telur, panekuk, kentang, roti panggang, dan terkadang saus tomat. Scrapple sendiri adalah hidangan tradisional negara bagian Atlantik Tengah bagian selatan, seperti Delaware, Maryland, South Jersey, Pennsylvania, dan Virginia.

  1. Clam Chowder

Clam chowder atau sup krim kerang terlahir ketika umat Katolik menjalankan ‘puasa’ makan daging di hari Jumat. Namun kini clam chowder masih disajikan di beberapa tempat di wilayah Pantai Timur Amerika Serikat. 

Clam chowder memiliki beberapa versi, seperti dari Maine hingga Florida, tetapi yang terkenal dan menjadi favorit banyak orang adalah versi New England. Versi New England ini memiliki warna putih krem dengan tambahan kentang dan bawang. Versi lainnya seperti Manhattan terkenal dengan tambahan tomatnya, dan ada juga yang bercita rasa pedas dari St. Augustine.

  1. Pot Roast

Pot roast terkenal sebagai hidangan makan malam keluarga Amerika Serikat di hari minggu. Pot roast biasanya terbuat dari sandung lamur daging sapi bagian bawah/atas, atau potongan daging yang diatur di dalam wajan bersama kentang, wortel, bawang, dan dimasak menggunakan campuran wine atau bahkan bir.

Makanan khas Amerika Serikat ini dimasak dengan teknik slow cook, baik di atas kompor ataupun di oven. Teknik inilah yang membuat masakan ini penuh cita rasa dan membuat daging menjadi sangat empuk. Tidak heran pot roast berhasil menjadi makanan favorit para keluarga di Amerika Serikat dalam beberapa generasi.

Itulah kelima makanan khas Amerika Serikat yang penuh cita rasa. Penasaran dengan rasa kelima makanan di atas? Kamu ga perlu jauh-jauh terbang ke Amerika Serikat karena di Indonesia sudah banyak orang yang menjualnya. Namun kamu juga bisa memasaknya, karena resepnya sangat mudah dan sederhana untuk diaplikasikan!

Categories: Kuliner

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.